Senin, 06 April 2009

BAB I

A. PENDAHULUAN

Terima kasih kepada bapak Seti Yulo yang mengajarkan pelajaran seni budaya yang telah membimbing kami untuklebih mengerjakan tugas- tugas. Baik itu bersangkutan dengan seni budaya maupun belajaran yang lain. Kami sangat senang karena bimbingan dari bapak kami bisa lebih banyak mengetahui tentang hal- hal yang lain. Berkat bimbingan bapak, kami bisa lebih mengerti pelajaran ini. Dan bermanfaat bagi kami semua. Kami sebagai siswa bisa berterimakasih.

B. ALASAN PEMILIHAN JUDUL

Karena judul ini sangat menarik bagi pembaca dan setgiap pembaca bisa senang waktu melihat judulnya duluan. Memang lebih banyak judul- judul yang lainnya menarik dan baik. Tetapi istilah yang lebih menarik bagi saya dan mudah- mudahan bagi pembaca bisa lebih menarik lagi. Dan isi juga membuat kita bisa sudai.

Karena didalam isinya ini ada yang menyangkut tentang sifat seorang mama angsa jadi bagi pembaca mudah- mudahan dikemudian hari sadar dengan segala perbuatan. Terimakasih.

C. TUJUAN

Bila kita semua bisa sadar dan mengerti. Nah, baik kita tidak boleh sombong karena itu adalah belum menjadi milik kita semua itu adalah milik Allah SWT. Yang telah memberikan kita rezeki dan itu kita bisa membagi- bagikan kepada orang yang tidak mampu atau membutuhkannya dan pada suatu saat nanti jika Allah mengambil semuanya maka itu akan musnah mudah- mudahan kita semua bisa menjadi tahu tentang kejadian-kejadian yang masa lampau.

BAB II

ISI

Tiga sepupu itu serentak menghela napas dalam-dalam. Ini tidak mudah.

Sarah-Jane berlutut dan berkata “Priscilla? Dengar, ya, Anak Manis. Bisakah ka katakan pada Sarah- Jane dimana kau menemukan anak angsa ini?”

“Anak angsaku.”

Sarah- Jane mencoba lagi. “kita harus menemukan mama angsa ini, Priscilla.”

Titus menggerutu. “Mama angsa? Oh, yang benar saja.”

Sarah- Jane tersenyum manis. “kayaknya ada yang harus menutup mulut, nih. Nah, Priscilla, kau benar- benar sangant membantu. Pertama- tama kau menemukan angsa ini. Sekarang, bisakah kau membantu kami mencari mama angsa? Ia pasti ada di dekat si anak angsa ini. Ayo, beri tahu kami, dimana kau menemukan angsa ini?”

Mereka bertiga menahan nafas. Dengan satu tangan kecilnya yang montok, Priscilla mendekap anak angsa itu erat- erat. Dan dengan tangan satunya, ia menunjuk tanah di depan sebuah kotak besar terletak di bagian belakang rumah. Kotak itu biasanya dugunakan untuk menyimpan kayu baker pada musim dingin. Seharusnya kotak itu sekarang kosong. Kecuali….

Timothy, Titus, Sarah- Jane bergegas menuju ke kotak itu dan mengangkat tutupnya.

Perburuan angsa liar pun berakhir. Dari dalam kotgak, mereka menemukan si angsa dan anak- anaknya.

Mereka menata angsa dan anak- anaknya itu dalam satu barisan. Mudah dimengerti mengapa Lyiddie sangat malu. Angsa- angsa itu memang lucu, tapi sungguh tampak konyol. Sulit dibayangkan, siapa juga sih, yang mau memajangnya sebagai hiasan di halaman rumahnya?

“AYAM TANTIIIK!” seru Priscilla. Siapa lagi?

Tiga sepupu itu saling berpandangan. Tidak akan mudah menjelaskan hal ini kepada Priscilla.

Timothy berkata, “Ini seekor angsa, Dik. Dan angsa ini ingin pergi jalan- jalan. Ayo, kita taruh angsa beserta anak- anaknya ke dalam kereta.”

‘O-te.”

Titus menunjuk kotak tempat penyimpanan kayu bakar itu.

“kalian tahu apa yang kupikirkan tentang tempat persembunyian itu? Tempat persembunyian yang hebat!”

“Keren,” sahut Timothy setuju.” Karena kalau saja si pencuri tidak menjatuhkan salah satu anak- anak angsa itu, kita tidak akan pernah terpikir untuk mencarinya di sana.”

Sarah- Jane menambahkan, “benar- benar tempat persembunyian yang bagus. Karena si agsa, kan belum ditemukan sampai saat kotak itu diisi dengan kayu baker pada musim dingin!”

“benar,” kata Timothy. “dan justru itulah saatnya untuk menyimpan si angsa dalam garasi atau ruang bawah tanah.”

Ide yang semula hanya samara- samara saja dalam benak Timothy, tiba- tiba sekarang menjadi jelas. Dan ia menceritakan hal itu kepada kedua sepupunya.

Sarah- Jane berkata, “Maksudmu, pencurinya adalah…?! Tapi, orang macam apa tega- teganya mencuri barang neneknya sendiri?”

“Aku tutup kasus ini,” ujar Timothy.

BAB III

KESIMPULAN

Timothy, titus, sarah- jane bergegas menuju ke kotak itu dan mengangkat tutupnya. Perburuan angsa liar akan berakhir. Dari alam ke kotak mereka menemukan siangsa dan anak- anaknya itu didalam satu barisan. Mudah dia mengerti mengapa Lyddie sangat malu. Angsa- angsa itu memang lucu tapi sungguh tampak konyol. Sulit dibayangkan siapa juga sih yang mau memanjangkan sebagai hiasan dihalaman rumahnya.

SARAN- SARAN

Sebenarnya kita sebagai manusia harus saling menyayangi satu sama lain dan tidak bermusuhan karena kita makhluk Tuhan yang selalu sama dimatanya dan tidak pernah dibedakan. Dan pertengkaran itu tidak ada gunanya hanya untuk menghancurkan diri kita sendiri seharusnya kita sadar bahwa sesame warga Negara Indonesia harus selalu sama yaitu Bineka Tunggal Ika walaupun kita berbeda- beda tetapi kita tetap satu dalam mewujudkan kesatuan memang harus perlu kesamaan yang kuat. Karena dari situlah kita memulai untuk jadi kesatuan. Semua perbuatan yang benar dan tidak benar itu hanyalah Allah yang mengetahui semuanya. Yang benar karena tidak terlihat dan sering dimusnahkan orang lain. Dan yang salah sering di puji- puji orang. Jadi semua itu hanya bisa ditentukan Tuhan Yang Maha Esa. Dan seharusnya kita mempertahankan kebenaran supaya kita bisa damai dan sejahtera.

BAB I

DEMAM BERDARAH (DBD)

A. Latar Belakang

Munculnya nyamuk Aedesaigefti dan Albo pictus mengakibatkan terjadinya DBD di Negara Indonesia. Perkembangan nyamuk Aedesaigefti dan Albo pictus ini semakin meresahkan warga, khususnya yang tinggal di dataran rendah. Perkembangan nyamuk Aedesaigefti dan Albo pictus di desa saya semakin marak, karena di desa saya terjadi musim hujan dan banyak selokan yang tersumbat, demam berdarah dengue sangat berbahaya dan juga dapat menular, sampai sekarang obatnya belum ditemukan. Makalah ini akan membahas Demam Berdarah Dengue yang disebabkan nyamuk Aedesaigefti dan Albo pictus, karena kita harus menjaga lingkungan kita dan serangan nyamuk Aedesaigefti dan Albo pictus dengan cara 3M yaitu : menguras, mengubur, membakar dan dengan mengoleskan anti nyamuk cream ke seluruh tubuh.

B. Rumusan Masalah

a. Apakah penyebab terjadinya penyakit DBD?

b. Apakah akibat dari penyakit DBD?

c. Bagaimana solusi tepat untuk mengatasi DBD/

C. Tujuan Penulisan Makalah

Untuk mendeskripsikan tentang penyebab/ akibat dari tempat kotor pemecahan terhadap nyamuk Aedesaigefti dan Albo pictus yang mengancam desa saya.

BAB II

PEMBAHASAN

  1. Penyebab terjadinya penyakit Demam Berdarah
    1. Nyamuk Aedesaigefti dan Nyamuk Aedeis albo pictus

Pada hidup nyamuk ini adalah jentik, pupa dan nyamuk sebenarnya nyamuk betina meletakkan telurnya di dinding tempat penampungan air setelah waktu 7 – 10 hari jentik-jentik berubah menjadi pupa. Umur nyamuk betina dapat mencapai 2 sampai 3 bulan.

  1. Tempat-Tempat Perkembangbiakkan Nyamuk pada Aedesaigefti dan Albo Pictus

Nyamuk ini berkembang biak di tempat penampungan air (TPA), dan barang-barang tempat air tergenang, misalnya :

1. Bak air

2. Pot bunga

3. Kaleng

4. Lekukan lantai

  1. Akibat Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

v Demam tinggi yang mendadak 2 – 7 hari/ 38 – 40 0C

v Demam tersebut turun secara drastis dengan pendarahan pada penderita

v Adanya bentuk pendarahan di kelopak mata bagian dalam (konjung tika) mimisan (epistaxis), buang air besar dengan kotoran (piaces) berupa pencampuran darah (meluna) dan lain-lain

v Terjadinya pembesaran hati (hepatomegali)

v Tekanan darah menurun sehingga mengakibatkan syok

v Pada pemeriksa uji terhiquet, tempat adanya jentik (puspura) pendarahan

v Mengalami pendarahan pada hidung (mimisan) atau gusi

v Demam yang dirasakan penderita menyebabkan keluhan pegal/ sakit pada persendian

v Munculnya bintik-bintik merah pada kuku

  1. Cara Mengatasi Aedesaigefti Dan Albo Pictus

Ø Membersihkan dan memberantas tempat-tempat perkembangan nyamuk DBD

Ø Menebarkan bubuk larwasida/ abate/ aetasid

Ø Pemeliharaan ikan pemakan jentik-jentik nyamuk (ikan adu/ ikan cupang) pada tempat air kolam dan lantai.

Ø Pengasapan/ fogging dengan menggunakan malathion dan pantheon.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Masyarakat mudah terkena penyakit demam berdarah, penyebab terjadinya penyakit demam berdarah yaitu nyamuk Aedesaigefti dan Albo Pictus. Akibat yang timbul yaitu demam tinggi, bintik merah, menggigil dan tulang terasa ngilu, buang air besar berwarna hitam dan keras. Trombosit turun, sakit mata, tengkuk sakit, terjadinya pembesaran hati, tekanan darah menurun, mengalami pendarahan, kulit terasa dingin dan lembab, menyebabkan keluhan pegal, anareksia, lemah, mual, muntah, nyeri perut, diare dan sebagainya.

Cara mengatasi DBD yaitu melakukan pencegahan, memberantas nyamuk, pemanfaatan tanaman, menghindari gigitan nyamuk, kenakan pakaian yang tertutup, gunakan cairan krim menaburkan bubuk abate, pemeliharaan ikan, pengasapan.

B. Saran-Saran

1. ­Seharusnya masyarakat yang tinggal di tempat yang kurang bersih, membasmi nyamuk Aedesaigefti dan Albo Pictus.

2. Seharusnya masyarakat melakukan 3M minimal dua minggu sekali, agar jentik-jentik nyamuk Aedesaigefti dan Albo Pictus

3. Seharusnya pemerintah memperhatikan masyarakat yang tinggal di perumahan kumuh

DAFTAR PUSTAKA

1997, Harian Jawa tahun 1993

www.infopenyakit.com 2008 19/03/2009

MEROKOK

TEMA : MEROKOK

BAB I

PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Akhir-akhir ini saya melihat siswa-siswa sekolah di Kota Padangsidimpuan menjadikan merokok seperti budaya Kota Salumpat Saindege. Anak-anak di kota Padangsidimpuan merokok dengan cara sembunyi-sembunyi. Mereka meminta kepada orang tua mereka agar menambahi uang jajan dengan tujuan supaya bisa membeli rook. Hal ini sangatlah tidak sesuai dengan kepribadian Kota Padangsidimpuan.

Makalah ini akan mencoba membahas merajalelanya merokok di kalangan muda. Persoalan ini dirasa sangat penting karena merokok itu bisa membahayakan kondisi generasi muda, baik secara fisik maupun rohani.

2. Rumusan Masalah

Makalah ini terumus dalam pertanyaan

  1. Apa penyebab merajalelanya merokok di kalangan siswa?
  2. Mengapa siswa mau mengkonsumsi rokok?
  3. Zat apa yang terkandung dalam rokok?
  4. Bagaimana cara mengatasi agar merokok bisa dihilangkan?

3. Tujuan Penulisan Makalah

Makalah ini ditulis dengan tujuan agar masyarakat utamanya kalangan siswa, anak-anak tahu penyebab merokok, tahu mengapa siswa merokok dan serta bagaimana cara mengatasi agar merokok bisa dihilangkan.

BAB II

PEMBAHASAN

Berdasarkan rumusan masalah diatas, bab ini akan membahas beberapa rumusan masalah tersebut.

1. Penyebab Merajalelanya Merokok Di Kalangan Siswa

Merokok menjadi merajalela di kalangan siswa karena disebabkan oleh beberapa faktor, sebagai berikut :

  1. Pengaruh Orang Tua

Salah satu temuan remaja perokok adalah bahwa anak-anak muda yang berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia, dimana orang tua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya dan memberikan hukuman fisik yang keras lebih mudah untuk menjadi perokok dibanding anak-anak muda yang berasal dari lingkungan rumah tangga yang bahagia (Baer & Corado dalam Atkinson, Pengantar Psikologi, 1999 : 292)

  1. Pengaruh Teman

Berbagai fakta mengungkapkan bahwa semakin banyak remaja merokok maka semakin besar kemungkinan teman-temannya adalah perokok juga dan demikian sebaliknya. Dari fakta tersebut ada dia kemungkinan yang terjadi, Pertama, remaja tadi terpengaruh oleh teman-temannya atau bahkan teman-teman remaja tersebut dipengaruhi oleh diri remaja tersebut yang akhirnya mereka semua menjadi perokok. Diantara remaja perokok terdapat 87% mempunyai sekurang-kurangnya satu atau lebih sahabat yang perokok begitu pula dengan remaja non perokok, (Al. Bachri, 1991)

2. Siswa Mau Mengonsumsi Rokok

Di masa modern ini, merokok merupakan suatu pemandangan yang sangat tidak asing. Kebiasaan merokok dianggap dapat memberikan kenikmatan bagi si perokok, namun di lain pihak dapat menimbulkan dampak buruk bagi si perokok sendiri maupun orang-orang disekitarnya. Berbagai kandungan zat yang terdapat di dalam rokok memberikan dampak negative pada tubuh penghisapnya. Beberapa motivasi yang melatar belakangi merokok adalah untuk mendapat pengakuan (anticipatory beliefs) untuk menghilangkan kekecewaan (reliefing beliefs) dan menganggap perbuatannya tersebut tidak melanggar norma (permission beliefs/ positive) (Joemana, 2004). Hal ini sejalan dengan kegiatan merokok yang dilakukan oleh remaja yang biasanya dilakukan di depan orang lain, terutama dilakukan di depan kelompoknya karena mereka sangat tertatik kepada kelompok sebayanya atau dengan kata lain terikat dengan kelompoknya.

3. Zat Yang Terkandung Dalam Rokok

  1. Partikel Fisik Asap Rokok

Secara fisik, asap rokok akan terlihat seperti asap putih, asap rokok terdiri atas partikel-partikel padat dari karbon dan tar yang berasal dari uap minyak tembakau yang terbakar. Partikel padat dan tar akan menempel di seluruh dinding saluran pernapasan dan paru-paru yang masih bersih, terjadilah gatal dan batuk perokok aktif maupun perokok pasif (orang yang tidak merokok, tetapi menghisap rokok dari orang lain) tidak akan batuk karena dinding saluran pernapasan dan paru-paru sudah terlapisi oleh debu karbon dan uap minyak tar.

  1. Zat-Zat Kimia

Bahan kimia utama yang dihasilkan rokok, diantaranya nikotin, karbon monoksida, senyawa kimia dalam tar, senyawa alcohol, dan senyawa golongan arina.

Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah metabolisme seperti naiknya kadar gula, naiknya kadar asam lemak, kerusakan sel reproduksi pria dan wanita (impotent dan kemandulan) meningkatnya jumlah bayi lahir premature dan menurunnya berat badan bayi waktu lahir. Selain itu, merokok juga mengakibatkan kanker saluran pernapasan serta mengganggu produksi kelenjar lender yang dapat mengakibatkan timbulnya penyakit faringitis kronis, laryngitis kronis dan terutama bronchitis kronis.

4. Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Jika ingin berhenti merokok sendiri cobalah beberapa cara ini.

  1. Timbulkan niat kuat untuk berhenti merokok, karena adanya dengan keinginan saja tidak akan berhasil.
  2. Pilih satu hari untuk berhenti merokok dan pilih keesokan harinya.
  3. Jauhi rokok, jangan sentuk rokok sama sekali. Karena kalau hanya ingin mengurangi, maka anda tidak akan berhasil sama sekali lepas dari kebiasaan merokok.
  4. Kalau perlu belajar salf hypnosis anda juga bisa mengasosiasikan rokok sebagai sesuatu yang tidak enak dan menjijikkan atau hubungan dengan momen anda benar-benar tergugah untuk stop merokok (mislanya saat anak anda meminta stop merokok karena dia ingin anda menemaninya wisuda)
  5. Alihkan rokok dengan mengonsumsi permen atau cemilan rendah kalori
  6. Konsumsi vitamin, mineral, buah, sayuran dan banyak minum air putih (al ini baik untuk detoksifikasi tubuh), usahakan minum air putih beberapa gelas setiap kali bangun pagi.
  7. Rutin berolah raga
  8. Sadarlah bahwa nanti kita akan merasa marah, terganggu dan ingin sekali merokok itulah tanda efek ketagihan nikotin. Itu akan mengganggu kita seperti anak kecil, ejekin aja!, seperti anak kecil kalau dicuekin ia akan pergi.
  9. Pikirkan waktu kita biasanya merokok, saat pesta, sebelum tidur, kumpul sama teman. Cari bagaimana caranya kita bisa melewati keadaan tersebut tanpa rokok dengan menyibukkan mulut dan tangan
  10. Hindari teman yang mendorong merokok. Cari teman yang juga ingin berhenti merokok atau tegaskan anda sedang ingin berhenti merokok.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Jadi merokok menjadi merajalela di kalangan siswa disebabkan oleh pengaruh orang tua, dan pengaruh teman. Siswa mau mengonsumsi rokok karena ingin mendapatkan pengakuan dari teman-teman sebayanya. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok ialah partikel asap rokok dan juga zat-zat kimia. Dan cara yang baik untuk menghilangkan kebiasaan merokok antara lain ; niat yang kuat, menjauhi rokok, belajar self hypnosis, mengonsumsi permen atau cemilan berkalori rendah, mengonsumsi vitamin, rajin berolah raga, hidnari teman yang mendorong merokok.

B. Saran

Sebaliknya kebiasaan merokok cepat-cepat dihilangkan bagi yang sudah terlanjur menggunakan dan bagi yang belum menggunakan dihindari. Karena merokok sangat merusak kondisi fisik maupun rohani.


DAFTAR PUSTAKA

www.dampak merokok.com

Hermani, Padang. 2002 Penyalahgunaan dan ketergantungan NAZA (Narkotik, Alkohol dan Zat Adiktif). Jakarta : Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

PENDAHULUAN

Cuaca dan Iklim

Cuaca adalah keadaan udara pada suatu saat dan pada suatu tempat atau daerah yang sempit. Pengamalan cuaca di Indonesia di lakukan oleh badan metodologi dan Geofisika yang berkedudukan di Jakarta. Ilmu yang mempelajari iklim dinamakan klimatologi dan ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteologi.

Keadaan rata-rata cuaca dalam jangka panjang 10 – 30 tahun (lama) dan wilayah yang relative luas disebut iklim. Perbedaan pokok antara lain dan cuaca terletak pada waktu dan tempat.

Unsur-unsur dan iklim sama dengan unsur-unsur cuaca. Pokok dari cuaca adalah temponatur (suhu udara, kolongasan/ kelemahan udara, dan tekanan udara/ angin).

  1. Temperatur Udara/ Suhu Udara

Matahari sebagai sumber energi memancarkan sunar ke permukaan bumi. Permukaan atmosfer menerima energi sebesar, 1, 94 kalori/ menit setiap sentimeter persegi.

Sumber panas di bumi yang diterima permukaan bumi.

Suhu udara di ukur dengan thermometer dan tarmohid nagraf. Rata-rata suhu di Indonesia 26.30C. Rata-rata suhu udara naik 100 M suhu udara turun 0,60C.

  1. Kelembapan udara adalah banyak sedikitnya uap air udara.
  2. Tekanan Udara/ Angin

Lapisan udara meskipun ringan akan menekan permukaan bumi. Tiap naik 11 m dalam lapisan terbawah atmosfer. Tekanan udara turun ± 1 MM.

    1. Alat-Alat Pengukur Cuaca Iklim

a. Termometer

Suhu udara diukur dengan alat yang disebut termometer. Kertas yang berisikan catatan suhu disebut termogram. Untuk mengukur suhu udara, diantarnaya hermometer air raksa, termometer maksimum tipe six balani hermometer binatal, hermometer bourdan, termometer tahanan dan termometer higrograf.

Pengukuran suhu udara dilakukan selama 24 jam secara terus menerus sehingga didapatkan suhu rata-rata harian. Suhu tertinggi harian terjadi sekitar pukul 13.00 dan suhu terendah terjadi di sekitar 03.30. suhu rata-rata harian ini digunakan untuk menentukan suhu tahunan. Suhu rata-rata bulanan diambil selama satu tahun dan suhu rata-rata tahunan diambil selama beberapa tahun.


PERMASALAHAN

  1. Keadaan cuaca di setiap tempat selalu berubah-ubah di setiap waktu.
  2. Pengamatan cuaca di Indonesia di lakukan oleh badan Meteodologi dan geofisika yang berkedudukan di Jakarta.
  3. Keadaan rata-rata cuaca dalam jangka panjang 10 – 30 tahun (lama) dan wilayah yang relative luas di sebut iklim. Jadi perbedaan antara iklim dan cuaca terletak pada waktu dan tempat.

PEMBAHASAN

  1. Suhu harian ialah suhu rata-rata dalam sehari suhu tertinggi terjadi pukul 14.00 sampai pukul 15.00 ± 10 C sedangkan suhu terendah pada pukul 4.00
  2. Untuk menyelidiki dan mencatat keadaan udara yang meliputi suhu udara, perawanan dan curah hujan.
  3. Iklim waktunya lebih lama dan daerahnya lebih luas, sedangkan cuaca waktunya singkat dan daerahnya sempit.


KESIMPULAN

Suhu harian ialah suhu rata-rata dalam sehari suhu tertinggi terjadi pukul 14.00 sampai pukul 15.00 sedangkan suhu terendah pada pukul 4.00.

Amputudo harian ialah suhu rata-rata dalam setahuan dibagi 12.

Amplitudo tahunan adalah selisih suhu rata-rata tertinggi dan terendah dalam setahun. Amplitude tahunan di Indonesia ± 10 C sebab siang dan malam hampir sama lainnya.