Selasa, 17 Februari 2009

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan makalah ini. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Hubungan Kuantitaif Zat-Za Dalam Reaksi penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing.

Penyusunan makalah ini kita ketahui belum sempurna. Oleh karena itu semua kritik dan saran dan pendapat akan di terima dengan terbuka.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Padangsidimpuan, Februari 2009

Penulis

PERANAN PERS

Pers adalah segala usaha dari alat-alat komunikasi massa untuk memenuhi kebutuhan anggota masyarakat akan hiburan, keinginan, peristiwa, berita yang terjadi dalam wujud surat kabat, majalah, bulletin atau media cetak lain atau di usahakan melalui radio, televise, dan film.

Pers memiliki beberapa fungsi yaitu

- Fungsi pers sebagai media informasi

- Fungsi pers dalam pendidikan

- Fungsi pers menghibur dan

- Fungsi pers sebagai kontrol sosial

Selain fungsi pers di atas, pers juga memiliki peranan sebagai berikut :

  1. Saluran informasi kepada masyarakat
  2. Saluran bagi debat publik dan opini publik
  3. Saluran untuk investigasi mengenai masalah-masalah publik
  4. Saluran program pemerintah dan kebijakan public kepada masyarakat
  5. Saluran pembelajaran kepada masyarakat
  1. Saluran Informasi Kepada Masyarakat

Dalam hal ini, pers berperan untuk mencari dan menyebarkan berita secara cepat kepada masyarakat luas. Pers juga sebagai media informasi, dalam kehidupan masyarakat. Pers juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi dalam bentuk pertukaran informasi sesama anggota masyarakat.

  1. Saluran Bagi Debat Publik Dan Opini Publik

Sebagai sarana opini dan debat publik, media berperan sebagai sarana komunikasi diantara sesama anggota masyarakat dengan anggota masyarakat lainnya. Fungsi sebab publik dari media massa adalah tersedianya tempat dan sarana bagi adanya suatu debat antara para pemimpin pemerintah, tokoh-tokoh, dan pejabat agar saling bertukar pikiran tentang hal media. Dengan adanya debat publik masalah yang bersifat umum menjadi lebih terbuka.

  1. Saluran Untuk Investigasi Mengenai Masalah-Masalah Publik

Dalam hal ini, pers menjadi sarana mengemukakan masalah-masalah umum secara luas. Pers dapat memberikan laporan dan melakukan penyelidikan secara mendalam terhadap masalah publik yang sebelumnya tidak diketahui masyarakat. Fungsi publik dan informasi media massa diperlukan untuk mengurangi kecenderungan setiap pemerintah untuk merahasiakan berbagai hal. Media massa memiliki tugas untuk memberikan informasi mengenai kebijakan dan kepentingan publik dan masyarakat berhak untuk mendapatkan informasi itu.

  1. Saluran Program Pemerintah Dan Kebijakan Publik Kepada Masyarakat

Program, kebijakan, keputusan dan peraturan yang dikemukakan pemerintah semakin cepat sampai pada masyarakat dengan perantaraan pers. Segala bentuk perubahan keadaan dan kondisi pemerintahan dapat dengan cepat di informasikan kepada masyarakat melalui media massa.

  1. Saluran Pembelajaran Kepada Masyarakat

Dalam hal ini,. Pers memberikan pendidikan, ilmu pengetahuan, perluasan wawasan, dan ikut mencerdaskan pemikiran masyarakat. Media menjadi sarana informasi antar kelompok masyarakat. Media menyebarluaskan berbagai kejadian dan peristiwa dalam suatu kelompok masyarakat sehingga dapat diketahui oleh kelompok masyarakat lainnya. Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi kita tidak perlu secara langsung mendatangi tempat kejadian suatu peristiwa, karena sudah dapat disaksikan melalui media massa.

Tidak ada komentar: